Halaman

Friday, October 22, 2010

Tips-tips jitu meledakkan siswa biasa saja menjadi siswa TOP student

TIPS 1
"MENETAPKAN TUJUAN YANG MENANTANG"
       Banyak orang yang meskipun sudah menetapkan tujuan dan target tetapi masih belum termotivasi, salah-satunya alasan kenapa hal ini terjadi adalah karena tujuan yang mereka buat bukan tujuan yang menantang, sehingga mereka tidak cukup memiliki daya dorong untuk meraihnya. Tujuan yang menggerakan adalah tujuan yang kalau kita bayangkan maka muncul gairah untuk mencapainya, gairah ini muncul karena gambaran kenikmatan ketika kita berhasil meraihnya begitu terasa nikmat dan menyenangkan.
        Bayangkan, jika saat ini kamu berada di deretan terakhir ranking di sekolahmu, kamu dianggap sebagai siswa bermasalah, sering direndahkan oleh teman dan gurumu, lalu kamu berani membayangkan untuk menetapkan menjadi Top Student bahkan mengalahkan siswa yang saat ini ranking 1, kira-kira kenikmatan seperti apa yang akan kamu rasakan jika kamu benar-benar bisa meraihnya, bayangkan, bagaimana anggapan guru-guru dan teman-temanmu saat melihatmu berhasil menjadi Top Student, bayangkan juga reaksi orang tuamu saat itu, mungkin mereka berdua akan menjadi orang tua yang paling berbahagia di dunia, anaknya yang selama ini dianggap bermasalah ternyata mampu membanggakan dan membuat harum nama keluarga.
        Gairah seperti apa yang akan kamu rasakan saat membayangkan impian tersebut, saya yakin gairah inilah yang mampu membuatmu mengambil tindakan-tindakan besar dan konsisten. So...inilah rahasia para penemu besar dunia, inilah rahasia Wright bersaudara  saat mereka berani menetapkan untuk menciptakan pesawat terbang, satu hal yang saat itu dianggap impian gila dan mustahil, inilah juga rahasia Thomas Alfa Edison saat ia mengimpikan membuat benda yang bisa menerangi kegelapan "lampu", gairah akan impian besarnya lampu membuatnya bertahan menghadapi ribuan kegagalan. So...segera tetapkan impian besarmu, buat impian yang menantang, impian yang akan menghadirkan cemoohan lalu biarkan cemoohan itu berubah jadi decak kagum saat kamu benar-benar mau berjuang dan berhasil meraihnya.
         Agar impian yang kamu tetapkan bisa selalu menjadi lonceng pengingat saat kamu merasa down dan bosan, lakukan beberapa tips motivasi diri yang ada pada tips ke 2.


TIPS 2
BAGAIMANA MENJAGA BARA MOTIVASI TETAP MENYALA.
1. Buat Poster IMPIAN lalu tempelkan di Tembok kamar kamu.
a.    Tetapkan dulu GOAL yang ingin kamu capai secara spesifik, missal kamu ingin menaikkan nilai     matematikamu dari 6 ke nilai 10 (sempurna), begitu juga pelajaran yang lain, lalu tulis goal ini dengan tulisan besar dan tinta yang menyala.
b.    Tuliskan juga poster ini gambaran kenikmatan yang akan kamu rasakan jika kamu berhasil meraih goal kamu tersebut. Tulis dengan penuh emosi lalu tempelkan di tembok kamar. Hal ini akan sangat membantumu saat kamu sedang down, dengan sering membayangkan kenikmatan yang akan kamu rasakan ketika goal bisa kamu capai, maka motivasi kamu akan terus menyala.
c.     Tuliskan juga di poster ini, gambaran penderitaan jika kamu malas untuk melakukan action (malas belajar), semakin banyak penderitaan yang mampu kamu tulisakan membangkitkan motivasi kamu untuk membenci rasa malas ini, karena akan menyebabkan kamu menderita.
d.     Tulis juga, strategi dan komitmen yang harus kamu lakukan untuk memastikan sukses kamu meraih goal tersebut, buat komitmen yang paling rendah dan berjanjilah apapun yang terjadi kamu akan tetap melakukan komitmen kamu tersebut.
e.     Tuliskan dengan tinta besar, identitas positif diri kamu, misal " Saya adalah anak dari keluarga ini akan menorehkan rasa bangga di hati kedua orang tuaku". Tulis dengan kalimatmu sendiri dan harus dalam bentuk positif, jangan tulis misalnya "saya adalah anak Suparman, kadang semangat kadang down", identitas seperti ini hanya akan melemahkan semangatmu saja.

2.  Komitmenkan untuk membaca POSTER IMPIAN ini tiap pagi dan malam hari, lalu gunakan imajinasi kreatifmu untuk membayangkan bahwa kamu telah mencapai goalmu tersebut, rasakan kenikmatan lalu teriakkan kata-kata yang memotivasimu misal :"Apapun yang terjadi, impian ini harus tercapai".


TIPS 3
 RAHASIA SUKSES PARA TOP STUDENT
Berikut ini adalah rahasia para Top Student, siswa-siswa yang mampu meraih nilai sempurna dalam setiap ujian, potensi mereka sebenarnya sam dengan potensi yang kamu miliki, hanya saja mereka menerapkan strategi belajar yang berbeda dengan kamu, jika kamu ingin meraih impian untuk mencapai nilai 10 di mata pelajaran yang kamu inginkan maka silahkan buat komitmen untuk melakukan apa yang dilakukan para top student di bawah ini:
1. Membaca pelajaran lebih dulu dari pengajar.
Ini adalah rahasia terbesa para Top Student yaitu menguasai pelajaran sebelum pelajaran itu diajarkan oleh guru di kelas. Jadi beberapa hari sebelum bab tertentu pelajaran itu diajarkan di kelas, mereka berusaha untuk menguasainya terlebih dahulu minnimal 50%nya, cara menguasainya bisa dengan mempelajari sendiri, bertanya sama kakak kelas, bertanya sama guru privat atau tentor yang ahli.
Manfaat dari strategi ini adalah memaksimalkan daya serap kamu saat pelajaran tersebut diberikan di kelas, jika kamu telah mempelajarinya lebih dulu maka otomatis kamu akan lebih siap dibanding pesaing-pesaing kamu.
2.  Mengikuti pelajaran dengan seksama dan aktif mengajukan pertanyaan ke pengajar.
3.  Mengulangi belajar di bab yang tadi diajarkan oleh guru dalam rentang waktu 24 jam.
Hal ini penting sekali, karena otak kita akan membuang informasi yang jarang diulang, maka dalam rentang waktu 24 jam, segera hubungi dokter..eh salah maksudnya segera ulangi dan pelajari lagi bab yang tadi diajarkan oleh guru. (maklum salah ketik..ngetik nih postingan jam 1 pagi soalnya).
4.  Segera mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) di hari dimana PR itu diberikan.
Kebiasaan kebanyakan siswa adalah menunda mengerjakan PR, prinsip tertanam di otak mereka adalah "Jika bisa ditunda kenapa dikerjakan sekarang"..nah loh sapa yang biasanya kek gni...ngaku aj..!, Ingat prinsip ini hanya akan membuatmu terus menunda-nunda dan akhirnya malah tidak mengerjakan karena lupa, atau mengerjakannya tapi tidak sempuranya.
5.  Selalu belajar dari kesalahan baik itu kesalahan mengerjakan PR maupun kesalahan saat ujian. (lebih jelas silahkan baca di TIPS "Bagaimana Belajar dari Kesalahan").
6.  Terus berlatih soal sampai mahir.
Ingat..! untuk sukses di medan ujian, paham saja tidak akan banyak membantu, mengingat ujian selalu dibatasi oleh waktu, untuk itu agar kamu sukses di ujian. kamu harus benar-benar terlatih dan mahir dalam mengerjakan soal. Mahir adalah ketika kamu bisa menyelesaikan soal hitungan dalam waktu kurang dari 1 menit. Jadi saat latihan soal, jika kamu belum mampu memenuhi waktu 1 menit, teruslah berlatih hingga bisa 1 menit.
7.  Selalu melakukan yang terbaik saat menghadapi ujian, baik itu ujian harian (ulangan biasa) maupun ujian semesteran.
Ingat..! nilai kamu dirapor tidak hanya dihitung berdasar ujian akhir tetapi juga memperhitungkan nilai ulangan harian, PR dll, so..jika ingin mendapat nilai sempurna, buat komitmen untuk melakukan yang terbaik saat ujian apapun.


TIPS 4
BAGAIMANA BELAJAR DARI KESALAHAN
        Sahabat coba renungkan apakah orang sukses itu tidak pernah gagal?, dia sepanjang hidupnya mengalami kesuksesan terus?, 
kita tahu hal itu tidak mungkin terjadi, tidak ada orang yang sepanjang hidupnya sukses dan tidak pernah gagal, bahkan orang-orang sukses adalah orang-orang yang dilahirkan dari kegagalan-kegagalan besar. Selama kita hidup akan mengalami siklus Sukses_Gagal.
        Saat kita mengalami kegagalan, masalah sebenarnya bukan pada peristiwa gagal tersebut tetapi pada bagaimana kita menyikapi kegagalan tersebut. Karena kegagalan tersebut juga bisa menjadi momentum kita untuk mencapai sukses berlipat dan karakter sukses yang ada di tubuh kita juga dibentuk oleh yang namanya kegagalan, semua tergantung pada bagaimana sikap kita.
        Nah dalam perjalanan meraih impianmu, sangat mungkin kamu berbuat kesalahan, baik saat ulangan biasa maupun saat ujian, yang perlu kamu lakukan saat kamu melakukan kesalahan tersebut adalah belajar darinya. Berikut ini adalah tips belajar dari kesalahan :
    1. Kategorikan kesalahan yang kamu buat, berikut ini ada 4 katagori kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelajar :
        a.  Salah karena belum mempelajari bab tersebut (A).
        b.  Salah karena lupa atau kesulitan mengingat fakta (B).
        c.  Salah karena tidak bisa menerapkan rumus (C).
        d.  Salah karena ceroboh (D).
    2. Lalu buat solusi dari beberapa kesalahan yang kamu buat. jika kesalahan tersebut masuk kategori A, maka ke depan kamu perlu mempelajari bab yang ternyata keluar di ujian tersebut, jika kesalahan tersebut termasuk kategori B, maka kamu perlu menerapkan strategi mengingat efektif agar tidak mudah lupa. Jika kesalahan itu masuk kategori C, maka sering seringlah berlatih dengan model soal yang berbeda, misal di pelajaran fisika, jika kamu hanya berlatih soal yang menannyakan besaran V (kecepatan), maka ketika soal yang muncul adalah soal yang menanyakan besaran t (waktu) kamu akan kesulitan menjawabnya, kenapa ? karena kamu belum terlatih. Jika kamu masuk dalam kategori ceroboh, maka ke depan lebih berhati-hati dalam menjawab soal, teliti lagi sebelum menorehkan jawabanmu.
    3. Segera tanyakan ke guru kamu atau tentor kamu soal-soal yang tidak bisa kamu jawab saat ujian, kemauan kamu untuk segera mencari tahu dimana letak salah kamu akan sangat membantumu untuk belajar dari kesalahan dan tidak mengulanginya di ujian depan.
                                                                                                             


0 komentar:

Post a Comment

Monggo komentarnya ya